Minggu, 23 Juli 2017

Cara membedakan daun dan buah

Hubungan Daun Durian Dengan Bentuk dan Warna Daging Buah Durian

Selama ini kita kesulitan menentukan warna buah dan bentuk  bahkan tidak tahu apakah bibit Durian yang kita tanam baik yang dihasilkan secara generatif dari biji  maupun secara vegetatif baik sambung pucuk.cangkok.okulasi dll.

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya Berburu Durian Lokal maupun pengamatan terhadap durian introduksi luar negeri meliputi  Brongkol, Banyumas.Banjarnegara.dll

Ternyata bentuk dan warna daun durian sangat erat dengan bentuk buah dan daging buahnya.berdasarkan pengamatan .dan analisa  ribuan tanaman durian disentra sentra penghasil durian.
Warna daun durian pada  permukaan  bagian bawah bermacam macam warnanya putih perak.kuning.kuning emas .

Warna daun sangat signifikan dengan warna daging buahnya .Bila warna daun permukaan bawah putih biasanya warna daging buahnya putih dan seterusnya.

Begitu pula bentuk daun durian dapat dijadikan referensi bentuk daun dengan lonjong .bulat  atau perpaduan keduanya  menunjukan bahwa bentuk buah durian akan sama

Sedangkan besar kecil ukuran daun durian tidak signifikan tidak mempunyai korelasi dengan besar dan kecilnya buah durian sebagai contoh Durian Bawor daunnya kecil ternyata buahnya besar.

Hasil pengamatan dan pengalaman saya bukan mutlak kebenarannya dan masih perlu diperdebatkan dan diteliti ulang untuk menjadi bahan diskusi para penggemar .pembudidaya dan pakangkar Durian

Saya hanya memberi sumbangan pemikiran dan merintis bagaimana penggemar durian .petani dan penangkar durian dengan mudah tau bentuk dan daging buah dapat dilihat dari bentuk dan warna daun durian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar